Tanda-Tanda Saat Akan Melahirkan


TANDA - TANDA PRA PERSALINAN

Bagi ibu muda yang baru petama kali hamil, biasanya belum bisa mengetahui kapan persalinan akan datang. Banyak para wanita mengalami tanda-tanda perslinan sehari bahkan seminnggu sebelum bayi benar-benar lahir. Tanda-tanda persalinan tersebut dapat digunakan sebagai indikator bahwa persalinan sudah dekat.



Berikut Tanda-Tanda Pra Persalinan :

1. Turunnya bayi kepanggul
Ketika persalinan sudah mendekat, kepala bayi sudah mulai turun ke area tulang panggul(pelvic inlet). Turunya bayi dapat terjadi kapan saja dua hingga empat minggu sebelum bayi benar-benar lahir.

2. Lendir bercampur darah
Gangguan ini terjadi karena sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas sehingga menyebabkan keluarnya lendir yang berwarna kemerahan karena bercampur darah.

3. Pecahnya air ketuban
Kantung ketuban yang megelilingi bayi pecah sehingga air ketuban keluar. Normalnya air ketuban adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau.

4. Kontraksi yang teratur
Kontaksi timbul secara teratur. Mula-mula, kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama dan bertambah keluar. Kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim. Bedakan dengan kontraksi palsu. Tanda kontraksi palsu adalah kontraksi hanya berlangsung sementara, terjadi dengan jarat waktu tak teratur dan lama, serta tidak bertambah kuat dan cepat. Nyeri terjadi pada perut bagian bawah. Jika diberi obat panghilang rasa sakit, sakitnya akan hilang.

5. Menggigil
Tanda awal persalinan lainya adalah menggigil tanpa sebab yang jelas.Hal ini dapat terjadi tanpa adanya perasaan dingin atau karena anda lemah. Ini terjadi karena akibat hormon stres atau adanya perubahan hormon progesteron dalam tubuh anda.

6. Diare
Pelepasan suatu unsur kimia dalam tubuh yang disebut dengan prostaglandis dapat terjadi pada awal proses persalinan. Pemicu ini dapat mengakibatkan meningkatnya aktivitas usus (loose bowel movement)

0 komentar:

Post a Comment