Menjaga Nutrisi Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Sehat

NUTRISI UNTUK IBU HAMIL

Banyak hal yang perlu diperhatikan agar kehamilan dan persalinan dapat berjalan dengan lancar,yaitu pemahaman mengenai periode kehamilan (trimester), gangguan kesehatan selama kehamilan dan sebagainya.Selain perhatian yang akan memenuhi kebutuhan psikis sang ibu yang nantinya diyakini akan berpengaruh pada psikis sang janin, kebutuhan yang tak kalah adalah kebutuhan Nutrisi Untuk Ibu Hamil. Sudah tidak bisa di sangkal lagi bahwa sumber nutrisi janin satu-satunya berasal dari ibu. Tak layak, kondisi nutrisi ibu sangat berpengaruh terhadap kesehatan janin.


Nutrisi Untuk Ibu.Bagi ibu hamil, dalam mengonsumsi makanan harus diperhatikan adalah vitamin dan mineral karena penting bagi kesehatan dirinya dan janin. Nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan antara lain :

1.Protein : Sebagai zat pembangunan, sangat besar peranannya dalam memproduksi sel-sel darah. Dapat diperoleh dari daging, ikan, telur dan kacang-kacangan.

2.Vitamin : Vitamin B kompleks berguna untuk menjaga sistem saraf, otot, dan jantung agar berfungsi secara normal. Dapat dijumpai pada serealia, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, ragi, telur dan susu. Vitamin D berguna pertumbuhan dan pembentukan tulang bayi. Sumbernya terdapat pada minyak hati ikan, kuning telur dan susu. Vitamin E berguna untuk pembentukan sel darah merah.

3.Karbohidrat : Dibutuhkan untuk energi tubuh sehari-hari, dapat dari serealia dan umbi-umbian.

4.Kalsium : Dimasa kehamilan, kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi, serta melindungi ibu hamil dari osteoporosis. Suber kalsium adalah sayuran hijau, kacang-kacangan dan sumber kalsium paling baik adalah susu

5.Zat besi : Dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari anemia, banyak terdapat sayuran hijua (bayam,n kangkung, daun singkong daun pepaya), dagi dan hati.

6.Asam folat : Berguna untuk perkembangan sistem sarah dan sel darah, banyak terdapat pada sayuran hijau gelap seperti bayam, kembang kol dan brokoli. Pada buah-buahan, asam folat terdapat dalam jeruk, pisang, wortel dan tomat. Kebutuhan asam folat selama hamil adalah 800 mcg per hari, terutama pada 12 minggu pertama kehamilan. Kekuranga asam folat dapat menggangu pembentukksn otak, sampai cacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun otak bayi.

Seiring pertambahan usia kandungan, maka kebutuhan gizi ibu hamil akan meningkat, terutama setelah memasuki kehamilan trimester kedua. Sebab pada saat itu, pertumbuhan janin atau bayi berlangsung cepat, terutama perkembangan otak dan susunan syaraf. Nutisi Ibu Hamil.

0 komentar:

Post a Comment