Cara Mengatasi Gangguan Ibu Hamil


GANGGUAN - GANGGUAN SELAMA IBU HAMIL ATAU MASA KEHAMILAN

Sebagian besar wanita atau ibu hamil tentu merasakan ada sesuatu yang berbeda seperti sering mual, kaki bengkak, tingat emosional tinggi, dan lain sebagainya. Hal itu adalah hal yang wajar karena sebagai momen spesial, kehamilan berbeda dengan saat anda dalam kondisi normal atau tidak pada saat hamil. Ingat, ibu! Tempatkan itu semua sebagai paket sebuah anugrah Allah SWT. Berikut beberapa Gangguan Ibu Hamil yang kerap dialami oleh ibu – ibu hamil.



1. Morning Sicness atau Mual

Rasa mual dan muntah atau yang sering disebut dengan morning sickness sering kali terjadi pada trimester pertama pada kehamilan (0 – 12 minggu). Penyebab rasa mual dan muntah ini belum diketahui, tetapi diduga karena perubahan psikologis dan adanya pengaruh hormon pada saat kehamilan. Dari penelitian, 50-90% wanita hamil mengalami morning sickness. Rasa makanan ini timbul karena makanan tertentu, bahkan karena mencium bau sesuatu. Setiap wanita hamil memiliki tingkat rasa mual yang berbeda, bahkan ada yang tidak mersakannya sama sekali.

Cara mengatasinya :

-  Minumlah segelas teh manis hangat dan sedikit biskuit sebelum beranjak dari tempat tidur.

- Jangan makan dalam porsi besar atau makanlah sedikit demi sedikit.

- Hindari makanan yang berlemak, terlalu asam dan terlalu pedas.

- Jika keluhan terlalu berat, pemakaian obat maag jenis antisida dapat membantu menetralkan asam lambung. Dan obat ini aman bagi ibu hamil karena bahannya hanya bersifat menetralkan asam dan tidak di serap oleh tubuh.

2. Oedema atau kaki bengkak
Pembekakan kaki selama kehamilan mengindikasikan terhambatnya getah bening(limpa). Limpa adalah getah bening yang mengalir melalui saluran-saluran khusus, yang diproduksi oleh banyak organ dan jaringan tubuh. Banyak yang menyebabkan pembengkakan, yaitu antara lain perubahan hormon yang membuat tubuh menahan lebih banyak air, kadar garam dalam tubuh terlalu tinggi, kelamaan duduk dan penggunaan pakaian yang terlalu ketat.

Cara mengatasinya :

- Dapat dilakukan dengan mengurangi faktor penyebab tersebut

3. Kram Perut
Pada trimester awal, ibu hamil mungkin mengalami kram perut atau rasa sakit seperti rasa sakit yang timbul sebentar dan tidal menetap, Hal tersebut terjadi karena adanya pertumbuhan dan pembesaran dari rahim, dimana otot ligeman meregang untuk menyongkong rahim. Yang perlu di waspadai apabila kram perut timbul disertai pendaraha vagina, sebab hal tersebut bisa berhubungan dengan keguguran.

Cara mengatasinya :

- Meninggikan posisi kaki saat tidur.

- Banyak minum air putih, kekurangan cairan bisa berakibat volume darah berkurang sehingga oksigen yang di terima otot tidak mencukupi.

- Mengurangi makanan yang mengandung sodium.

- Makan makanan yang mengandung kalsium dan magnesium.

- Hindari makanan bersoda, sebab dapat mempengaruhi keseimbangan fosfor dan kalsium dalam darah

4. Insomnia atau sulit tidur
Kesulitan tidur atau insomnia sering kali menyerang ibu hamil tanpa alasan yang jelas. Biasanya, gangguan ini terjadi karena gangguan psikologis. Kesulitan tidur banyak dialami pada awal kehamilan, perubahan tubuh dan emosi kadang menjadi beban pikiran. Padahal tidur bisa menyebabkan mudah lelah, tidak bergairah, malas, emosi, dan akhirnya menyebabkan depresi.

5. Keputihan
Beberapa ibu hamil mengalami gangguan ini. Banyak faktor penyebabnya, antara lain adalah faktor hormonal dan penggunaan obat-obatan selama kehamilan.

0 komentar:

Post a Comment